Ini Dia Jenis Kain Yang Digunakan Untuk Print Kain Hijab

Kini makin banyak motif hijab yang bisa kita temukan, hal ini tak terlepas dari peranan jasa print kain yang ada. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan para pihak konveksi untuk melayani berbagai macam desain dengan menggunakan mesin cetak khusus tekstil. Tentu saja cara ini mempermudah pihak konveksi dalam memenuhi segala permintaan konsumen, serta tidak memiliki keterbatasan dalam permintaan desain dan juga warna. Namun, mesin cetak khusus tekstil tersebut hanya bisa memproses secara langsung pencetakan pada permukaan kain dengan jenis tertentu.

Beberapa Jenis Kain Hijab Yang Bisa Menggunakan Alat Print Kain
1. Kain Spandex
Mesin print kain memiliki beberapa jenis, dan masing-masing mempunyai kemampuan mencetak pada permukaan kain dengan kriteria tertentu. Hampir semua kain hijab bisa langsung dimasukan ke mesin cetak tekstil, salah satunya adalah kain spandex. Kain jenis spandex ini mudah sekali kita jumpai serta memiliki banyak corak dan motif dengan beragam macam warna. Spandex memiliki karakteristik kain yang mudah melar atau elastis, namun memiliki permukaan yang halus dan lembut. Kain hijab ini juga sangat nyaman jika dikenakan, karena memiliki karakteristik kain yang sejuk dan tidak mudah menyerap panas.

2. Kain Satin
Selain spandex, kain satin juga dikenal memiliki karakteristik kain yang lembut dan sejuk ketika dikenakan. Bedanya, kain satin memiliki tampang yang mewah dengan kesan mengkilap di sepanjang jahitannya. Bahan satin ini juga memiliki permukaan yang lembut, penampakannya yang mewah membuat banyak muslimah yang mengenakannya ke berbagai macam acara pesta seperti ke kondangan atau juga acara makan malam kantor. Kain satin banyak dijumpai dengan permukaan yang polos mengkilap, namun ada juga jenis hijab satin yang bermotif dan cocok dikenakan untuk sehari-hari.

3. Kain Jersey
Kebanyakan bahan hijab memiliki sifat yang lentur dan elastis, sama seperti kain jersey, selain lentur kain ini juga halus dan memiliki ketebalan yang sekilas mirip dengan kain spandek rayon. Kain jersey merupakan perpaduan dari kain katun dengan kain sintetis, sehingga melahirkan kain yang halus namun kokoh. Bahan ini juga menjadi pilihan favorit para muslimah karena karakteristiknya yang tidak mudah kusut dan mudah jatuh ketika diaplikasikan ke kepala. Banyaknya penggemar bahan jersey membuat banyak jasa print kain yang menyediakan bahan jersey sebagai bahan hijab.

4. Kain Voile
Satu lagi bahan yang memiliki karakteristik mudah terjatuh ialah kain voile. Kain ini masih merupakan keluarga kain katun, memiliki tekstur yang tipis, transparan namun lembut jika disentuh. Bahan ini juga sama seperti bahan kain hijab lainnya yaitu memberikan sensasi yang sejuk ketika dikenakan. Namun banyak juga para pengguna hijab yang dibuat jengkel karena struktur kainnya yang mirip dengan kain sifon, yaitu mudah jatuh dan licin. Sehingga perlu ketelitian dan ketangkasan untuk bisa mengatur tatanan hijab ketika hendak memakai hijab voile.

Itulah beberapa jenis kain hijab yang bisa menggunakan alat print kain yang perlu kita cermati. Beberapa jenis kain seperti kaos juga tidak sembarangan, karena  beberapa mesin cetak tekstil memiliki kriteria kain yang terbatas. Apabila jenis kain tidak sesuai maka hasil cetakan tidak akan melekat sempurna, sehingga kualitas gambar menurun. Jangan juga memakai jasa printing kain yang menawarkan harga jauh dari harga pasaran. Hal ini untuk menghindari ketidakpuasan akan produk karena kualitas yang dihasilkan jauh dari perkiraan.